Rabu, 17 Maret 2010

TURTLES CAN FLY

Dibuka dengan adegan seorang anak perempuan yang mencoba bunuh diri dari sebuah pinggir tebing , film ini sudah menyiratkan sebuah pesan ,kesedihan ! film ini bercerita dengan latar belakang sebuah desa ‘ Iraqi Kurdistan ‘ diperbatasan Iran dan Turkey.

Penduduk desa yang dalam suasana perang lebih mentingin tayangan berita ketimbang sajian hiburan di TV. Untuk itu , mereka berusha memasang antena yang paling kuat untuk menangkap gelombang siaran berita ditelevisi.mereka terobsesi dengan berita-berita internasional yang didapat dari satelit.

Ditengah usaha mereka ,hadirlah seorang anak laki-laki berumur 12tahun yang menerima job pemasangan antena TV. Anak ini mendapatkan panggilan “satellite” karena saking seringnya membetulkan dan memasang antena .

Satellite ternyata juga seorang leader bagi anak-anak korban perang di desa tersebut. Ia mengumpulkan anak-anak itu untuk bekerja sebagai pengumpul ranjau darat. Sebuah pekerjaan yang berbahaya ,tapi nyata karena mereka memang membutuhkan uang untuk hidup.

Satellite merasa terganggu dengan kehadiran seorang anak laki-laki cacat ,kedua tangannya putus ,yang juga menerima job pembersihan ranjau dan belum menjadi ‘anggota serikat pekerja anak-anak’ dibawah pimpinan Satellite. Anak cacat itu bernama Henkov. Meski cacat Henkov rupanya ahli sekali menjinakan ranjau.

Di sisi lain nih, Satellite naksir berat dengan adik perempuan Henkov , Agrin yang misterius dan cantik. Kemudian Satellite juga nemuin kemampuan meramal Henkov, yang kemudian disadarinya bahwa kemampuan supranaturalnya lebih akurat ketimbang propaganda CNN.

Henkov di mata orang lain mempunyai 2 orang adik , yang perempuan Agrin dan adik laki-laki yang masih berumur 1 tahun lebih, Riga.Kemanapun mereka selalu bertiga.

Sebenarnya , ketiga anak itu mengalami trauma yang sangat berat.setelah melihat dengan mata kepala sendiri orang tuanya tewas dalam perang, Agrin mendapat perlakuan tak menyenangkan dari para tentara.Dia di perkosa .lahirlah Riga yang buta.

Berkali-kali Agrin mencoba bunuh diri karena beban psikis yang berat.tapi,setiap kali ia mencoba untuk bunuh diri , Agrin selalu teringat Henkov yang cacat dan harus menghidupi Riga yang juga cacat.

Akhirnya, Agrin mencari solusi singkat. Ia membawa Riga kekolam air yang dalam, dan menenggelamkannya. Sementara agrin menerjunkan diri di tebing. Semua rangkaian adegan menegangkan ini ada dalam ramalan yang di lihat oleh Henkov.



Sumber : tabloid d’Champs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar